About me

Foto saya
now i'm 27 years old.. and i'm having fun..
Feeds RSS
Feeds RSS

Selasa, 29 Juni 2010

tHe bLuE pLanEt

Hari air memang sudah lewat tanggal 22 Maret yang lalu, tapi aksi hemat air nggak pernah ada batasnya. Cari tahu tips hemat air yang bisa kamu lakukan di rumah, biar julukan "Planet Biru" terus berlaku untuk bumi kita.

Mandi pake shower atau gayung bisa sama iritnya. Hitungannya, 30 gayung air setara dengan volume air yang mengalir dari shower selama 5 menit. The less you use it, the better.


Tampung air bekas membilas piring atau pakaian untuk menyiram toilet. Biasanya, air bilasan terakhir masih cukup bersih dan hanya menyisakan sedikit busa yang bisa disingkirkan dengan mudah.

Seperti kata iklan sebuah merk deterjen, banyak busa bukan berarti lebih bersih, lho. Busa dari sabun dan shampoo yang mengandung bahan kimia justru bisa mencemari air tanah. Jadi, pakai sabun dan shampoo secukupnya saja ya.

Lupakan berendam di bathtub karena kegiatan ini merupakan pemborosan air besar-besaran. Air di bathtub yang terisi penuh bisa dipakai untuk mandi berkali-kali. Lagipula, kamu masih perlu air bersih untuk membasuh tubuhmu setelah selesai berendam.

Dibutuhkan energi listrik atau gas tambahan untuk memanaskan air agar suhunya sesuai dengan keinginan kita. Kalau nggak terpaksa, mandi pakai air dingin saja biar segar sekalian.



UNESCO memprediksi bahwa pada tahun 2020 dunia akan mengalami krisis air global.

THE FACT!!!
  • 2/3 bagian bumi terdiri dari air, tapi hanya 3% yang bisa langsung digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Bahkan hanya 1% yang aman untuk diminum. 97% sisanya adalah air asin dari laut.
  • Tidak hanya bumi, 2/3 bagian tubuh kita pun terdiri dari air.
  • Saat kamu merasa haus, ternyata kamu baru kehilangan 1% dari jumlah air dalam tubuhmu.
  • Makhluk hidup hanya bisa bertahan 3 hari tanpa air.
  • Hampir 1/2 penduduk dunia menderita berbagai penyakit yang diakibatkan oleh kekurangan air atau air yang tercemar.
  • 1 dari 4 orang di dunia kekurangan air minum.
  • 1 dari 3 orang tidak mendapat sarana sanitasi yang layak.
  • Di Indonesia daerah rawan krisis air bersih di pulau Jawa adalah Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.
  • Sumur diperkirakan akan mengalami krisis air bersih yang sangat hebat pada tahun 2015.

Sebagai generasi muda kita harus ikut andil dalam aksi penghematan air. Karena toh dampaknya akan dirasakan oleh generasi yang akan datang alias anak dan cucu kita jika kita tidak menghemat penggunaan air bersih dari sekarang.

*wakakakakaakkk sok tua banget bahasanya -.-


HIDUP HEMAT AIR!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar